Gelar UNBK, SMPN 1 Ciawi Kekurangan Komputer

by Achmad Kurniawan 55 views

PAKAR ONLINE - CIAWI - Tahun ini, SMPN 1 Ciawi memastikan akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun yang menjadi masalah, komputer yang tersedia belum sebanding dengan jumlah calon peserta ujian.

Kepala SMPN 1 Ciawi, Al Gusri mengatakan, jumlah calon peserta ujian tahun 2017 sebanyak 448 siswa. Idealnya, tersedia 150 unit komputer dan 5 server.

"Sekarang, kami hanya punya komputer sekitar 40 unit saja, dan masih kurang sebanyak 110 komputer," ungkapnya kepada PAKAR ONLINE, Rabu (11/1/2017).

Al Gusri mengaku sudah melapor dan berkoordisi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, perihal kekurangan komputer ini. Hanya saja belum ada informasi apakah kekurangan komputer akan dipenuhi atau tidak.

Namun begitu, ia mengaku telah memiliki solusi untuk pemenuhannya. "Kita akan pinjam 20 unit komputer dari SMAN 1 Ciawi. Sisa kekurangannya, kita akan beli. Meskipun dalam hal anggaran masih menjadi pertimbangan," aku Al Gusri.

Al Gusri berharap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang pada tahun ini dijadwalkan berlangsung dua gelombang, yaitu 2- 4 Mei, dan 15 Mei gelombang pertama dan gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8-10 Mei, dan 16 Mei 2017, dapat berjalan lancar.

Mantan Kepala SMPN 1 Gunung Sindur ini juga berharap orang tua murid turut memikirkan kekurangan sarana dan prasarana komputer. "Kita juga akan berupaya meminta CSR perusahaan-perusahaan yang berkantor di kawasan Ciawi," paparnya.

Sementara, salah satu orangtua murid, Adi Prabowo menyatakan sangat mendukung SMPN 1 Ciawi yang akan menggelar UNBK tahun ini.

Ia juga menyatakan siap membantu mencarikan dana untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputer. "Banyak perusahaan besar di Kabupaten Bogor, saya akan melobi agar memberikan CSR-nya," tandasnya.IQBAL RUKMANA (PAKUAN RAYA)