Proyek Stadion Pakansari Molor, Kinerja Kadispora Harus di Evaluasi

by Ali Simon 258 views

CIBINONG - Terkait proyek Stadion Pakansari dilokasi Jalan Alternatif Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, tidak kunjung usai (Molor), kinerja Dispora Kabupaten Bogor dipertanyakan dan harus di evaluasi. 

Sebab, proyek ratusan miliaran yang dikerjakan oleh PT Jaya Kontruksi Manggala Pratama itu, sudah jatuh kalender (Tempo-red) pada tanggal 30 Desember 2016 lalu, dan hingga kini masih dalam pekerjaan pihak pemenang proyek.

Alhasil, sejumlah masyarakat hingga angota legislatif (Aleg) Kabupaten Bogor mempertanyakan proyek kebangaan Kabupaten Bogor. "Proyek Stadion Pakansari belum juga selesai mas, seharusnya pihak pemborong kena denda tuh," ucap Ramdan (45) warga Cibinong kepada PRO, kemarin.

Sementara itu, Egi Gunadhi Wibawa, anggota DPRD Kabupaten Bogor dari komisi IV mengatakan, bahwa Dispora harus menekan pihak kontraktor untuk segera merampungkan proyek tahap IV Stadion Pakansari.

"Dispora harus bisa tekan pihak kontraktor agar segera menuntaskan pekerjaannya itu. Soalnya sarana terbesar di Kabupaten Bogor itu dapat bisa digunakan sebagai sarana pembinaan dan pelatihan atlet yang ada din Kabupaten Bogor," ungkapnya.

Terpisah, LSM Jangkar Pakuan Bogor, Saleh Nurangga menuturkan, bahwa pemerintah jangan main-main dengan realisasi pengerjaan proyek APBD maupun dari dana lainnya. "Harus diingat jika proyek Stadion Pakansari tidak selesai, maka pelaksana atau kontraktor harus dikenakan denda dari anggaran. Jika keterlambatan mencapai maksimal 50 hari, dan lima persen uang jaminan pelaksanaan akan diambil untuk Negara," bebernya. 

Tambah Saleh, bahwa pemerintah harus tegas agar kontraktor-kontraktor yang mengerjakan proyek pemerintah akan lebih tertib sebagaimana yang ditetapkan dalam Perpres pengadaan barang dan jasa. "Jika kontraktor bermasalah tidak diberi sanksi, maka akan muncul kontraktor-kontraktor serupa yang tidak patuh pada perjanjian yang sudah ditetapkan. Untuk kepala Dispora Kabupaten Bogor harus di evaluasi dalam kinerjanya," tegasnya. ALI (PAKAR)