43 Desa di Kabupaten Bogor Kesulitan Air Bersih

by Achmad Kurniawan 1127 views

PAKAR ONLINE - CIBINONG – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Wawan Hikal Kurdi menyebut masih banyak masyarakat belum menikmati layanan air bersih. Fakta tersebut, tersebar di 43 desa di Kabupaten Bogor.

“Ini harus diprioritaskan oleh Pemkab Bogor di tahun 2017, untuk meringankan beban masyarakat soal sulitnya mendapatkan air bersih,” jelasnya kepada PAKAR ONLINE, Senin (2/1/2017).

Politisi Partai Golkar ini meminta agar program yang sudah dilaksanakan ini dapat teru sdipertahankan, bila perlu ditingkan sebagai salah satu langkah antisipasi jika musim kemarau tiba.

Anggota Komisi III DPRD, Ade Senjaya menambahkan, pembangunan air bersih di Kabupaten Bogor sangatlah diperlukan. Ini dilakukan sebagai salah satu back-up pemerintah, karena masih banyak daerah yang sering kekeringan juga ada daerah yang airnya terkena air limbah pabrik, ataupun sampah.

“Pertama, kebutuhan air bersih untuk masyarakat itu adalah tugas dan kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi. Terutama di daerah yang sering terjadi kekeringan juga air sumur bersih yang sudah tercemari,” katanya.

Kedua, sambungnya, PDAM yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), harus melebarkan sayapnya untuk bisa membantu kebutuhan masyarakat dengan memperluas jaringan.

“Saya sendiri akan mendorong kepada dinas terkait untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Dan khusus daerah yang tercemar, ini seharusnya sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah memberikan air bersih sebagai kompensasinya,” tandas Politisi Demokrat itu.CHAERUL UMAM (PAKUAN RAYA)