Aqua Berkolaborasi Hijaukan Setu Citongtut

by Achmad Kurniawan 4267 views

GUNUNGPUTRI - Berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintah, dan PT. Aqua Golden Mississippi melakukan penanaman pohon di Setu Citongtut, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (30/11/2016). Penanaman pohon ini bagian dari upaya merawat Setu Citongtut yang rawan dari pencemaran.

Aksi penaman pohon ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kecamatan Gunung  Putri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PT. Aqua Golden Mississippi Plant Citeureup, Forum Masyarakat Peduli Setu Citongtut, Koramil, Polsek, Karang Taruna, Pemdes Cicadas, dan para ketua RT/RW serta tokoh masyarakat.

Aksi penanaman pohon ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Cicadas Berseri (Cicadas Bersih dan Sehat) yang diprakarsai PT. Aqua Golden Mississippi. Program ini sudah sejak lama dikelola Aqua dalam sebuah program pengelolaan lingkungan dan sudah mendapatkan piagam penghargaan dari Indonesian CSR Award sekaligus mendapatkan prasasti dari Gubernur Jawa Barat.

Masyarakat sekitar dan berbagai pihak sangat antusias saling bahu membahu menyukseskan kegitan tersebut.

Kasie Ekonomi Kecamatan Gunung Putri, Suradi, mewakili Camat menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan di seputaran Setu Citongtut ini. "Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Forum Masyarakat Peduli Setu Citongtut yang sudah bekerja keras dalam memelihara kebersihannya," katanya.

Kepala Desa Cicadas Abas Baesuni dan Wakapolsek Gunung Putri AKP Endro Saworo, menyampaikan hal senada,bahwa betapa pentingnya pengelolaan lingkungan khususnya perawatan setu yang sudah mulai banyak tercemar oleh sampah. Mereka berharap kegiatan penghijauan ini membawa berkah bagi masyarakat dan lingkungan.

Menurut Ketua RW 10 Desa Cicadas, Sabarudin, sekaligus sebagai Ketua Forum Masyarakat Peduli Setu Citongtut, ke depan pihaknya akan mengajak perusahaan lain untuk ikut peduli dalam perawatannya yang akan diawali dengan penebaran benih ikan yang akan dilaksanakan di bulan Desember 2016.

Fikri mewakili Kementerian PUPR dan Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane, juga tak luput menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang telah bahu membahu dalam merawat kebersihan sungai  dan setu sebagai penopang banyak kehidupan masa kini dan masa mendatang.  

    
Plant Director PT. Aqua Golden Mississippi Citeureup, Tatang Sondana menambahkan, bahwa kegiatan pengelolaan lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak termasuk dunia industri khususnya yang ada di Kecamatan Gunung Putri.

"Aqua sangat mendukung atas semua kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat khususnya pengelolaan lingkungan. Terlebih beberapa tahun sebelumnya Aqua sudah memulai melakukan penanaman pohon di sekitar Setu Citongtut," ujarnya.   

Anip Gunawan, salah seorang tokoh masyarakat yang juga aktif di Forum Masyarakat Peduli Setu Citongtut menyatakan bahwa warganya sangat senang menyaksikan indahnya pemandangan sekitar setu bersih dan tidak tercemar sampah.ACHMAD KURNIAWAN/*