DJ Ryan Ferrano, Tak Mau Lupa Jasa Teman

by one 1411 views

PERKEMBANGAN musik electro akhir-akhir ini memang semakin marak, terbukti dengan banyaknya 'disc jockey' (DJ) dari berbagai kalangan mulai artis ibu kota, lokal daerah, bahkan sampai mancanegara. 

Seperti yang kita tahu, DJ kini tidak hanya perform di dalam sebuah club saja, melainkan di event-event tertentu bahkan live di salah satu stasiun televisi.

Kota Bogor, ya daerah ini mulai meneteskan DJ hebat. Sebut saja DJ Ryan Ferrano, meski usianya masih muda, namun bakatnya dalam memainkan "turntable"  tak usah diragukan. 

Pria berbadan gempal ini awal mula ketertarikan pada profesi ini karena hobinya dengan musik, dia mulai belajar dengan menggunakan aplikasi virtual DJ.

"Awalnya memang senang musik electro, saya mencoba dengan aplikasi virtual. Lama kelamaan bisa juga. Tak lupa, saya bisa menjadi DJ berkat bantuan Mas Ogay," ucap Ryan Ferrano saat ditemui PRO di x-One Club, Minggu (9/10/2016), malam.

Setelah mahir, Ryan Ferrano kemudian diberikan tantangan untuk tampil di X-One. "Sempat gugup, tapi langsung dipercaya untuk tampil. Dari situ awal mulanya," sambungnya. Mantan head server di berbagai club ini  menekuni profesi secara profesional, Ryan pun masuk label disco mix. 

"Ya saya otodidak saja, dan sering belajar dari DJ senior seperti Adytia 'Ogay' Kusuma, dan Jackson Wilhelmus, banyak ilmu yang didapat," tambah Ryan.

Lama belajar bersama DJ senior, kelihaiannya dalam memainkan 'turntable' semakin mengkilap. 

"Saya bisa seperti ini karena bantuan DJ senior. Saya belum apa-apa, dan harus banyak belajar (lagi), dari DJ senior," ujarnya. Menekuni profesi DJ menurutnya tidak mudah. "Apalagi jika main di club. Kita harus tahu lagu apa yang cocok untuk dimainkan," jelasnya.  

Setelah piawai meracik berbagai lagu, Ryan Ferrano pun akhirnya diberikan pangkat. Di X-One Club, dia ‘menghuni’ Bangers 10, atau dengan julukan baru, DJ Bungsu.

Berbicara mengenai genre, Ryan Ferrano akrab dengan trance, electro house, dan progressive. “Tapi untuk zaman sekarang, seorang DJ dituntut bisa bermain semua genre,” tuntas Ryan. MAN (PAKAR)