Hore, Ngaliwet dan Adu Panco, Meriahkan HUT TNI ke 71

by moun 5738 views

BOGOR – Berbagai kegiatan dilakukan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-71, salah satunya oleh Komando Rayon Militer (Koramil) 0601/Bogor Tengah, yang melakukan kegiatan unik dan menarik yaitu syukuran dengan tiup lilin dan menggelar lomba adu panco serta ngeliwet (makan bersama) bareng. Para peserta yang hadir juga ditantang untuk bernyanyi sebagai hiburannya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Markas Koramil 0601/Bogor Tengah, Jalan Perwira, Kecamatan Bogor Tengah, dihadiri berbagai pihak, diantaranya Wakil Walikota Bogor, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Inf. Mukhamad Albar, Danramil 0606/Bogor Tengah Kapten Inf. Eka Purnama AJ, Kabagops Polres Bogor Kota AKP Prasetyo, Kapolsek Bogor Tengah Kompol Gayo, Camat Bogor Tengah Lili Sutarwili, Kasatpol PP Herry Karnadi, Kabid Dalo ps Satpol PP Agustiansyah, Babinsa dan Babinkamtibmas  serta sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kota Bogor.

Danramil 0601/Bogor Tengah Kapten Inf. Eka Purnama AJ mengatakan, acara syukuran dikemas memang secara sederhana, yang terpenting tidak mengurangi nilai dari peringatan HUT TNI yang memasuki usia ke 71 ini. Seperti biasanya memang selalu diadakan kegiatan “Ngaliwet” bareng bersama unsur Muspida dan Muspika serta ormas-ormas, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan, kerjasama, sinergitas dan persaudaraan.

"Memang acara ini sederhana tetapi mengandung makna dan nilai sangat besar. Dengan kita adu panho kekuatan tangan tadi, nilai kebersamaan terjalin diantara semua pihak. Kita Ngaliwet bareng ini juga memiliki nilai persaudaan maupun kerjasama yang erat dari berbagai pihak. Kita berharap dengan kegiatan HUT TNI ini, semua pihak dan lapisan masyarakat bisa bersama sama dengan TNI dalam menjaga keutuhan NKRI ini," ujar Kapten Inf. Eka Purnama AJ kepada PRO, kemarin.

Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Inf. Mukhamad Albar, mengapresiasi kegiatan yang digelar Koramil 0601/Bogor Tengah ini. "Saya sangat mengapresiasi karena kegiatan ini merupakan terobosan dan inovasi yang terus dipertahankan oleh Koramil 0601/Bogor Tengah. Semoga kebersamaan yang terjalin ini terus ditingkatkan dan Koramil lainnya diseluruh Kota Bogor bisa melakukan hal yang sama seperti disini," ungkapnya.

Sekedar diketahui, dalam rangka HUT TNI ke 71 dilaksanakan secara sederhana di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi), Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah. Dalam upacara, Komandan Resort Militer (Danrem) 061/ Suryakancana Bogor, Kolonel Inf Mirza Agus bertindak selaku inspektur upacara. Hadir juga sejumlah pejabat baik dari Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor berikut unsure Muspidanya. RIF/YUL (PAKAR)