Sarihusada Dorong Si Kecil Cepat Bersosialisasi

by one 2233 views

CITEUREUP - Sarihusada melalui produk susu pertumbuhan SGM Eksplor mengusung kampanye baru dengan tema SGM Eksplor, Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya dan mengajak Bunda untuk mendorong si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang mudah bersosialisasi.

Assistant Brand Manager SGM Eksplor, Talitha Andini Prameswari mengatakan, diperlukan pemberian asupan nutrisi yang tepat yang dapat mendukung daya pikir, pertumbuhan fisik, kesehatan pencernaan, serta daya tahan tubuh si Kecil. Begitu pula dengan stimulasi yang tepat untuk menunjang kemampuan emosi dan sosial selama tumbuh kembangnya.

Salah satu inisiatif untuk mendukung kampanye tersebut adalah melalui Mobi Dunia Sahabat SGM Eksplor, sebuah arena permainan untuk anak usia 1-5 tahun dan edukasi untuk para ibu yang telah berjalan sejak tahun 2012 dan merangkul hingga 300 ribu ibu setiap tahunnya. 

Pada kesempatan kali ini, Mobi Dunia Sahabat SGM Eksplor akan mengunjungi
2750 lokasi di wilayah Jawa, Sumatera dan Bali dan secara spesifik mengajak para ibu untuk mendorong anak menjadi pribadi yang memiliki ketrampilan sosial melalui permainan interaktif yang menyenangkan.

"Sebagai bagian dari rangkaian kampanye ini, Mobi Dunia Sahabat SGM Eksplor kali ini didukung oleh permainan simulasi 3D interaktif yang mendorong anak bermain dan berinteraksi bersama teman sebaya maupun berbeda usia," ujar Thalita dalam temu media, Selasa (20/9/2016).  

Selain itu, para orang tua juga dapat memperoleh berbagai informasi tentang kemampuan anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dari psikolog anak yang kami datangkan di sejumlah lokasi Mobi.

“Kemampuan untuk bersosialisasi memang sangat penting dalam masa perkembangan anak, agar anak dapat mengenali emosi, mengontrol emosi, mampu bergaul dan bisa berempati dengan teman-teman di lingkungannya," timpal Psikolog Anak, Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog.

Menurutnya, dengan kemampuan bersosialisasi, anak akan lebih mudah untuk
mengembangkan kepribadiannya. 

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua dapat mendampingi anak sejak usia dini dan berperan aktif mengajak anak agar pandai bergaul atau bersosialisasi.

Sayangnya menurut Saskhya, pesatnya perkembangan teknologi komunikasi
dan internet saat ini telah mempengaruhi perilaku sosial yang menyebabkan anak-anak cenderung asyik bermain dengan dirinya sendiri. Hal ini menyebabkan waktu anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya menjadi berkurang. 

Padahal, bersosialisasi dengan teman sebaya akan memberikan banyak manfaat bagi anak, seperti perkembangan berpikir, perkembangan fisik dan perkembangan berperilaku atau
socioemotional.

“Ada beberapa cara stimulasi agar anak bisa lebih pandai bergaul seperti, mengajarkan jenis-jenis emosi sejak kecil, mengurangi waktu bermain gadget, perbanyak bermain bersama teman-teman, bermain dengan berpura-pura memainkan suatu karakter bersama anak dan selalu menjawab kebutuhan anak," paparnya. 

Selain itu, lanjut dia, penting bagi orang tua untuk juga dapat menjelaskan arti teman pada anak. Beritahu pada anak tentang arti penting dari mempunyai teman untuk membuat anak menyadari pentingnya membangun relasi dengan teman. ADI (PAKAR)