Bro dan Sis...Naik Gunung Tak Cukup Mengandalkan Mental

by 7402 views

Komunitas Pendaki Bogor, Elly Syafitri Sodri berpesan agar pendaki mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bila ingin naik gunung. 

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan, berikut tips dari pendaki senior itu.

-Mempersiapkan mental, fisik dan psikis, 

-Persiapkan peralatan seperti keril-daypacknya, slepping bag, matras, senter, baju cadangan, jaket, tenda, jas hujan, sepatu, alat makan, alat masak, kaos kaki, sarung tangan, plastik, flysheet, trackingpool, topi rimba, pisau, kompas, jam tangan, peta dan webbing. 

-Logistik yang cukup dan mengenyangkan, termasuk kotak P3K, berikut simaksi atau tiket masuk resmi. Selain itu jangan lupa membawa tanda pengenal. Bila perlu meminta bantuan pemandu bersertifikasi. 

Mengapa harus memakai pemandu, karena seorang pemandu sudah paham dengan manajemen perjalanan di alam bebas, seperti resikonya bagaimana, tentunya kita tidak akan salah jalur yang akan menyebabkan kita tersesat di tengah hutan dan membuat orang repot mengevakuasi karena tersasar, sakit, hipotermia.

Agar dipahami juga, bahwa naik gunung bukanlah suatu hobi yang mudah, murah dan sekedar gaya-gayaan. 

Akan tetapi olah raga naik gunung merupakan hobi yang membutuhkan tenaga, pikiran, mental dan biaya ekstra.

Inti dari berpetualang di alam bebas adalah suatu sarana pembelajaran dimana kita belajar betapa pentingnya menurunkan menaklukkan ego pada diri kita sendiri, serta bagaimana menyelamatkan diri dan alam disekitar kita. Karena alam adalah rumah kita. JEF (PAKAR).