Macam-macam budaya yang masih di lestarikan di kampung budaya

by 5726 views

      Berbicara soal budaya memang terdengar alot di telinga,namun jika tidak kita yang melestarikan maka budaya itu akan punah, Indonesia tidak akan mempunyai ciri khas dan tidak punya kebanggaan untuk di publikasikan,maka dari itu dengan mencintai budaya, di Bogor Jawa Barat mempunyai kampung Budaya dimana tempat tersebut merupakan tempat pelestarian berbagai macam budaya tidak hanya budaya pertunjukan saja,tapi peninggalan peninggalan sejarah juga  banyak temui disinii sambil bermain dan mendapatkan wawasan pula.

  Budaya yang masih di lestarikan disini diantara nya ada kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Disini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa Bukit-bukit berundak Asep, salah seorang pengelola Kampung Budaya Sindang Barang mengungkapkan, "Awalnya kampung ini sudah ada sejak dulu, hanya saja dipindahkan ke lokasi Sindang Barang pada 2006, dan diresmikan tahun 2007 agar masyarakat dapat mengetahui adat istiadat asli kami."

Di sindangbarang setiap satu tahun sekali diselenggarkan upacara adat Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen dan hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan berharap hasil panen tahun depan akan lebih baik lagi "Imah Gede ini merupakan rumah besar yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul dan bermusyarawah masyarakat dengan tetua adat dan para kokolot," ujar Ukat.

 Rumput yang hijau dan rumah-rumah adat di kampung ini menjadi ikon kampung budaya"Imah Gede ini merupakan rumah besar yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul dan bermusyarawah masyarakat dengan tetua adat dan para kokolot," ujar Ukat untuk melestarikan situs purbakala pengurus kampung budaya bekerja sama dengan dengan FIB UI melakukan penelitian , dokumentasi dan menyelenggarakan seminar mengenai situs peninggalan kerajaan Pajajaran tersebut. Cerita rakyat mengenai Sindangbarang sendiri telah dicoba untuk dibukukan oleh teman-teman dari FIB UI.

Akses untuk menuju kampong budaya ini memang agak jauh terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16631, Indonesia namun pepatah mengatakan semakin sulit tempat di kunjungi maka akan semakin indah yang akan kita lihat nantinya