Nah Lho, Pencapaian Pajak Kota Bogor Baru Tercapai 50 Persen

by 3133 views

BOGOR-Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor menyebut target pencapaian pajak pada akhir Juni 2016 atau triwulan kedua baru tercapai 50 persen.

Menurut Kepala Dispenda Kota Bogor, Daud Nedo Darenoh, kondisi ini disebabkan belum terpenuhinya pendapatan dari sektor pajak penerangan jalan atau PPJ.

“Tarif PPJ pada 2015 lalu hanya 3 persen, tahun ini dinaikan menjadi 5 persen. Tapi belum bisa diterapkan karena payung hukum belum turun sehingga otomatis mempengaruhi,” dalih Daud ditemui PRO di acara Rakor Evaluasi Pendapatan Semester I 2016 di Gedung Harmoni, Jl. KH. Abdullah bin Nuh, Bogor Barat, Senin (15/8/2016).

Akibat faktor tersebut, lanjut Daud, Dispenda mau tidak mau harus menurunkan target perolehan PPJ. “Tahun lalu target pendapatan dari sektor PPJ sebesar Rp24 miliar, tapi untuk sekarang dinaikan 2 persen atau menjadi Rp40 miliar,” papar Daud.

 Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menuturkan, evaluasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi capaian dari PAD yang telah ditargetkan di tahun 2016.

Terkait adanya penurunan dari pendapatan PPJ, perdanya sudah ditetapkan bersama dewan dan sekarang sedang dievaluasi oleh Gubernur Jawa Barat. Sehingga Kota Bogor belum bisa menggunakan pungutan sebesar 5 persen dari kewajiban warga untuk memberikan besaran pajaknya.

 “Dispenda masih menggunakan tarif lama atau 3 persen yang artinya target sudah ditentukan duluan. Tetapi kami tidak mengeksekusi itu,” tutupnya. RIF/YUL (PAKAR)