Kelebet-kelebet Merah Putih di Sungai Cisarua

by 4117 views

CISARUA-Air sungai Cisarua di Kampung Baru RT 03 RW 05 Desa Cibeuereum, Kecamatan Cisarua mendadak tak lagi jernih dan berubah warna.

Eit, tunggu dulu. Kondisi ini bukan disebabkan pencemaran yang disebabkan industri atau lainnya, melainkan warga setempat yang memasang puluhan bendera Merah Putih di atas aliran sungai.

Tak hanya memasang bendera, batu kali pun tak luput di cat oleh warga dengan warna kebesaran Bangsa Indonesia.

Pemandangan ini merupakan bentuk penghormatan warga Kampung Baru dalam memaknai peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Warga setempat, Dodoy mengungkap, tujuan utama memasang bendera dan melakukan pengecetan batu ini tidak hanya memperingati hari kemerdekaan saja, namun sebagai media penyadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

 “Dengan dipasangi bendera serta batunya di cat, kami berharap warga tidak lagi membuang sampah ke sungai,” ujar Dodoy kepada PAKAR, Minggu (14/08)

Dijelaskannya juga, pada 17 Agustus nanti, di sungai ini pun akan digelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ini seperti lomba mincing dan pelepasan ikan endemic sungai Ciliwung. Jenis ikan yang akan dilepas antara lain yaitu, ika Paray, benter, sorow dan sengel.

Ketua LSM Rumpun Hijau yang konsen pada lingkungan, Sunyoto mengapresiasi masyarakat Kampung Baru, Desa Cibeureum yang telah menjaga sungai dari masyarakat yang nilainya kesadarannya masih rendah. Dengan begitu, sungai Cisarua terjaga dari limbah serta sampah. YUS (PAKAR)